Contact Us +62-21-426-6253
7 Jenis Kontainer Peti Kemas Beserta Fungsinya

Kontainer peti kemas digunakan dalam kegiatan pengiriman, ekspor impor, dan segala hal yang berhubungan dengan logistik. Apabila Anda membutuhkan kontainer peti kemas untuk kebutuhan bisnis, ada baiknya untuk mengetahui jenis kontainer yang dibutuhkan.

Ada berbagai macam container yang digunakan dalam untuk kegiatan pengiriman. Melalui artikel ini, Hagajaya akan memberikan informasinya untuk Anda mengenai berbagai macam kontainer peti kemas yang sering digunakan dalam bisnis.

Apa Saja Jenis Kontainer Peti Kemas?

Berikut ini, Anda akan mengenal setidaknya 7 jenis kontainer peti kemas, yaitu:

1 . Dry Storage

Jenis kontainer peti kemas pertama yang paling sering digunakan dalam kegiatan bisnis yaitu dry storage. Kontainer ini dapat digunakan untuk menyimpan hampir segala jenis kargo, khususnya untuk kargo yang bersifat kering.

Kontainer ini terdiri dari 1 akses pintu dan tersedia dalam berbagai macam ukuran mulai dari 10 ft, 20 ft, hingga 40 ft. Anda dapat menggunakan kontainer ini untuk pengiriman dengan mode transportasi laut, darat, maupun udara.

2 . Open Top Container

Open top container merupakan kontainer peti kemas dengan atap yang konvertibel atau bisa dibuka. Kontainer ini sangat cocok untuk digunakan dalam pengiriman kargo yang tingginya melebihi kontainer itu sendiri.

3 . Tunnel Container

Kontainer peti kemas ini sekilas mirip dengan dry container. Hanya saja yang membedakan di antara keduanya adalah tunnel container memiliki 2 akses pintu sedangkan dry container hanya memiliki 1 akses pintu saja. Dengan 2 akses pintu ini, proses pemuatan kargo akan lebih cepat sehingga Anda dapat menggunakan waktu seefisien mungkin.

4 . Open Side Container

Jenis kontainer peti kemas pada umumnya memiliki pintu pada bagian sisi belakang. Akan tetapi, open side container memiliki pintu yang dapat dibuka pada bagian samping.

Dengan akses pintu yang lebih luas, proses pemuatan kargo akan lebih mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan kargo dengan ukuran besar atau panjang yang tidak dapat dimasukkan melalui pintu bagian belakang.

5 . Flat Rack Container

Bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang pengiriman alat berat, mesin, hingga bahan material untuk konstruksi, flat rack container dapat menjadi pilihan kontainer yang tepat. Kontainer ini memiliki bagian sisi samping yang dapat dilipat sehingga bentuknya menyerupai rak datar yang panjang.

6 . Half Container

Tidak seperti kontainer peti kemas pada umumnya, half container hanya memiliki tinggi setengah dari kontainer biasa. Kontainer ini dapat digunakan untuk mengangkut kargo yang berat dan padat seperti bahan material konstruksi bangunan pasir, batu, semen, dan lainnya.

7 . Refrigerated ISO Container (Reefer Container)

Jenis kontainer terakhir yang sering digunakan dalam bisnis di bidang bahan pangan atau medis adalah reefer container. Kontainer ini dilengkapi dengan alat pendingin yang berfungsi untuk menjaga kualitas kargo yang dimuat di dalamnya.

Dengan kontainer ini, Anda dapat mengirimkan kargo ke tempat tujuan yang jauh sekalipun dalam kondisi yang baik. Jadi, apabila Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang distribusi bahan pangan atau bahan kimia, silakan menggunakan reefer container ini.

Jadi, itulah informasi mengenai 7 jenis kontainer peti kemas beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui. Kontainer peti kemas dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis ke banyak daerah di seluruh pelosok nusantara.

Di Hagajaya, kami menyediakan 2 macam kontainer yang dapat Anda sewa yaitu dry & reefer container. Silakan hubungi Hagajaya sekarang juga untuk informasi lebih lanjut mengenai prosedur penyewaan kontainer peti kemas untuk kebutuhan bisnis Anda.